Cara Mengecek Kondisi Mesin Mobil Sedan Bekas

Mobil sedan masih menjadi salah satu jenis kendaraan roda empat yang populer. Nyatanya meski sebagian orang membeli mobil penumpang dengan kapasitas besar, sedan masih banyak penggemarnya. Jika saat ini kamu ingin membeli jenis mobil sedan, tentunya cek secara detail mesin mobil sedan bekas tersebut. Dengan begitu usaha ingin mendapatkan mobil sporty nan keren ini tidak akan mengecewakan dikemudian hari.

Bicara mengenai mobil bekas, resiko memang harus diterima oleh pemakai selanjutnya. Namun ada kalanya jika kamu saat ini ingin membeli mobil sedan bekas, sudah pasti harus bisa mendapatkan jenis mobil yang tepat. Baik dari fisik mobil, interior, eksterior dan yang paling penting adalah kondisi mesinnya. Mesin adalah penggerak mobil dan sangatlah penting.

Untuk itu pastikan mobil yang akan dibeli memang masih memiliki mesin sehat dan layak pakai. Jika ingin memastikan kondisi mesin mobil sedan, ada sejumlah langkah penting yang harus di cek jika kamu menjadi calon pembeli. Berikut ini sejumlah tips untuk memastikan kondisi mesin sedan yang masih berforma bagus.

Tips Mengecek Mesin Mobil Sedan Bekas

Ketika ingin membeli mobil sedan bekas, sebenarnya yang dibutuhkan adalah ketelitian. Bisa saja calon pebeli dikecoh penjual dengan menampilkan fisik mobil yang bagus. Padahal dalamnya, mesin misalnya hancur alias banyak masalah. Jika ingin mendapatkan sedan bekas dengan mesin bagus, berikut ini tips untuk memastikannya.

Cek Fisik Mesin

Sebelum kamu menghidupkan mesin untuk mengeceknya, lebih baik periksa terlebih dahulu semua kondisi fisik mesin mobil. Pemeriksaan yang bisa dijalankan adalah membuka kap mesin lalu mengamati semua bagian di dalamnya. Mobil yang terawat pasti fisik mesinnya bersih. Sangat berbeda jika kotor dan banyak oli.

Kondisi kotor yang ada disekitaran mesin bisa jadi mobil itu tidak pernah dibersihkan. Jarang dilakukan perawatan sehingga bisa disimpulkan jika mesin mobil tidak bisa dijamin dalam kondisi bagus. Lakukan pengecekan juga di bagian baut dan mur. Jika ada yang rusak silahkan tanyakan penyebabnya.

Cek Tali Kipas

Tali kipas bisa menjadi sasaran berikutnya untuk memastikan kondisi mesin mobil sedan. Untuk memeriksa kondisi tali mesin sangatlah mudah sekali. Kamu tinggal menggoyangkan tali kipas tersebut. Jika masih normal maka tali kipas akan bergerak mengendur.

Sangat beda kondisinya jika tali kipas keras dan kencang. Hal tersebut sudah pasti membuktikan jika tali kurang berfungsi sempurna. Kerasnya tali juga bisa ditimbulkan dari mobil yang sering digunakan dalam perjalanan jauh. Itu membuktikan jika pemakai sebelumnya terlalu sering memakai mobil alias mobil lelah.

Cek Radiator

Pengecekan mesin yang tidak boleh terlewatkan adalah bagian radiator. Jika bekerja secara maksimal sudah pasti radiator akan mempengaruhi kondisi mesin masih bagus dan menjaga tetap normal ketika mobil digunakan. Cek radiator bisa dijalankan dengan membuka bagian tutupnya dan reservoirnya. Ketahui warnanya keruh atau jernih.

Air radiator bagus akan terlihat jernih. Pastikan juga penampung yang ada di bagian oli power steering, selang dan washer wipernya. Selang-selang dibagian dalam mesin akan empuk jika dipegang apabila kondisinya masih layak pakai.

Cek Oli Mobil

Selanjutnya adalah mengecek oli mobil tersebut dan memastikannya dalam kondisi bagus. Untuk mengecek silakan mencabut dipstick lalu pegang oli yang keluar pada ujung dipstick. Apabila kondisinya masih langket, encer dan tidak Berwarna pekat bisa dipastikan jika oli mobil masih dalam keadaan bagus.

Kamu juga bisa mencium oli mobil apabila ingin memastikan oli yang digunakan memang yang terbaik. Coba hidupkanlah mesin kemudian mencium bau oli apakah terbakar atau tidak. Oli yang masih bagus akan tetap encer meski mesin mobil baru dihidupkan.

Mengecek Aki Mobil

Bagian dalam mobil yang harus dicek berikutnya adalah aki. Pada bagian ini akan terdapat kotak sekring, terminal aki, kabel busi dan perkabelan lain. Untuk lebih mudah memastikan kondisi aki adalah dengan melihat tanggal pembelian aki. Jika masih bagus dan layak tentunya semua kelistrikan bisa berjalan normal.

Tempat Rekomendasi Membeli Mobil Bekas

Mobil sedan bekas akan lebih mudah dipastikan kondisinya dengan cara menghidupkan mesin dan mencoba untuk menjalankannya. Jika semuanya berjalan normal dan baik tentunya kondisi ini bisa dijadikan gambaran mudah keadaan mobil saat itu juga.

Baca Juga : Banyak Pilihan Mobil Membuat Bingung? Begini Tips Memilih Mobil Baru

Dengan menghidupkan mobil setidaknya kamu juga bisa memastikan beberapa komponen lain seperti lampu, AC, suara mesin dan rasanya ketika dikendarai. Hal yang memungkinkan dalam setiap membeli sedan bekas pastinya adalah kenyamanan pemakai. Kondisi ini tidak bisa dipungkiri karena pemakai sendiri yang akan langsung bisa merasakannya.

Untuk memperoleh informasi sedan bekas, kamu juga bisa masuk ke sebuah forum jual beli mobil bekas di kota tempat tinggalmu. Biasanya akan diberikan gambaran fisik, surat lengkap mobil dan foto untuk melihat gambaran kondisi mobil. Jika tidak ingin tertipu silahkan mengunjungi penjual yang amanah dan jujur.

Itulah gambaran terbaik untuk mendapatkan mobil sedan bekas jika kamu membutuhkan saran terbaik. Karena harga mobil akan mengacu kondisinya, silahkan siapkan uang yang cukup untuk mendapatkan mobil sesuai keinginan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *